Ubah Nama Hotspot di Android

Cara Merubah Nama Perangkat, WiFi, Hotspot dan Bluetooth Android

Diposting pada

Dalam tutorial ini, kita akan melihat bagaimana kita dapat mengubah nama perangkat Android di bawah pengaturan perangkat. Selain itu, kami juga akan menjelaskan cara mengubah nama jaringan WiFi Direct dan Hotspot dan nama koneksi Bluetooth untuk perangkat Android.

Wi-Fi dan Bluetooth adalah mode fitur konektivitas yang paling banyak digunakan pada telepon pintar untuk berbagi data internet dan mentransfer file dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Jika Anda memindai koneksi Wi-Fi atau Bluetooth dengan ponsel atau tablet Android Anda, Anda akan melihat nama generik atau khusus perangkat yang terdeteksi. Jika Anda baru mengenal Android, tutorial kecil ini akan membantu Anda menetapkan nama yang disesuaikan untuk ponsel atau tablet Android Anda yang akan ditampilkan ketika perangkat lain memindai milik Anda. Mari kita lihat bagaimana kita dapat mengubah nama perangkat untuk WiFi, Bluetooth, hotspot seluler atau tethering.

Tidak ada yang bengkok tentang pengaturan nama perangkat untuk koneksi WiFi dan Bluetooth dan itulah sebabnya saya menyebutnya panduan pemula. Jika Anda adalah pengguna Android yang cerdas, jangan melewati batas ini. Semua opsi sudah ada di bawah pengaturan telepon, saya hanya akan memberi tahu Anda cara menggali ke dalamnya.

1. Ubah Nama Perangkat Android dari Pengaturan

Cara termudah untuk mengubah nama perangkat perangkat Android Anda adalah dengan melakukannya dari layar Tentang ponsel itu sendiri. Buka Pengaturan di ponsel atau tablet Anda, gulir ke Tentang ponsel atau perangkat  dan ketuk di sana. Pada layar berikutnya, ketuk Nama Perangkat , lalu ketikkan nama yang diinginkan untuk perangkat Anda di bidang teks dan pilih OK.

Ubah Nama Perangkat Android dari Pengaturan

Harap Catatan: Jika Anda memiliki perangkat Samsung Galaxy , Anda perlu mengubah nama perangkat saja dan nama Bluetooth Anda dan nama WiFi Direct akan secara otomatis ditetapkan. Buka Pengaturan > Tentang Telepon dan ketuk opsi Edit di bawah nama perangkat. Ketikkan nama perangkat khusus Anda dan pilih Selesai.

Ubah Nama Perangkat Android dari Pengaturan 2

2. Mengubah Nama Bluetooth

  1. Untuk dapat mengedit pengaturan untuk Bluetooth, Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Bluetooth juga dapat diaktifkan dengan mengetuk slider dari Pengaturan> Bluetooth .
  2. Buka Pengaturan pada perangkat Android Anda dan ketuk   opsi Bluetooth .
  3. Ketuk Nama perangkat dan masukkan nama baru untuk ponsel atau tablet Anda dan ketuk OK . Pada perangkat OnePlus, Anda akan dapat melihat nama Perangkat setelah memilih opsi Pasangkan perangkat baru . Pada beberapa perangkat Android lainnya Anda perlu mengetuk ikon menu vertikal 3-titik untuk melihat opsi penggantian nama perangkat.

Mengubah Nama Bluetooth

3. Ubah Nama WiFi di Android

Menetapkan nama perangkat yang diinginkan hampir sama dengan Bluetooth. Mari kita lihat bagaimana Anda bisa melakukannya.

  1. Sekali lagi, untuk mengedit pengaturan WiFi, Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Buka panel Pengaturan perangkat Anda dan ketuk pada slider toggle untuk mengaktifkannya
  2. Selanjutnya, ketuk teks “Wi-Fi” untuk melihat layar konfigurasi.
  3. Ketuk “Wi-Fi Direct” , atau buka menu opsi untuk melihat opsi “Wi-Fi Direct” (untuk AOSP) dan kemudian ketuk.
  4. Sekarang ketuk ikon menu 3-vertikal-titik untuk melihat opsi “Ganti Nama Telepon” atau “Ganti Nama Perangkat” .
  5. Ketikkan nama yang disukai di kotak teks dan pilih OK untuk menyimpannya.

Ubah Nama WiFi di Android

4. Ubah Nama Hotspot di Android

Jika Anda ingin menyesuaikan nama ponsel Android Anda untuk hotspot dan tethering WiFi, buka Pengaturan> Hotspot Seluler / Wi-Fi dan Penambatan dan nyalakan. Kemudian ketuk opsi nama Hotspot dan ketikkan nama yang ingin Anda tampilkan. Pada beberapa ponsel Android, Anda perlu mengetuk ikon menu 3-titik dan memilih opsi Konfigurasikan Hotspot Seluler untuk mengganti nama yang ada dengan nama pilihan Anda.

Ubah Nama Hotspot di Android

Jadi di sini mengakhiri tutorial mudah kami, jika memang benar, untuk pemula. Kami hanya berharap itu membantu untuk mengubah nama perangkat Android Anda. Nama Bluetooth, nama Hotspot, dan nama WiFi Direct. Untuk tips dan trik yang lebih berguna  untuk perangkat Android.

Tinggalkan Balasan