Cara Mengaktifkan Koreksi Warna di Android 1

Cara Mengaktifkan Koreksi Warna di Android

Diposting pada

Dunia tempat kita hidup terlihat indah karena kehadiran berbagai warna. Bayangkan bagaimana rasanya bangun suatu hari dan melihat hal-hal di sekitar Anda tanpa warna apa pun. Sayangnya, beberapa orang memiliki kondisi medis tertentu yang menyebabkan mereka melihat sesuatu tanpa warna. Ini biasanya disebut buta warna.

Sekarang, mereka yang memiliki kondisi ini, mereka gagal membedakan antara kombinasi warna tertentu. Beberapa yang lain juga ada yang secara keseluruhan gagal mengenali warna apa pun yang dikenal manusia. Namun, jika Anda menggunakan smartphone Android, maka Google akan menyelamatkan Anda jika Anda memiliki buta warna.

Anda mungkin terkejut, tetapi ada fitur kecil yang rapi yang disebut Color Correction di perangkat Android. Bergantung pada warna apa yang mengenali kelangkaan yang Anda hadapi, Anda dapat mengatur skema warna yang sesuai. Fitur ini akan membantu dalam memperlancar pengalaman visual pengguna smartphone dengan buta warna. Dalam panduan ini, kami memberikan AndaCara Mengaktifkan Koreksi Warna di Android pada smartphone apa pun.

Memahami Buta Warna

Sebelum masuk ke panduan, kita perlu memahami berbagai jenis kebutaan warna yang bisa terjadi. Biasanya, ini adalah fenomena langka untuk menemukan seseorang yang tidak dapat membedakan warna tertentu. Meskipun secara medis istilah kebutaan digunakan, itu lebih seperti kekurangan pengenalan warna. Orang itu tidak buta. Dia dapat melihat segala sesuatu seperti orang lain tetapi mungkin tidak membedakan warna tertentu atau kadang-kadang warna apa pun.

Cara Mengaktifkan Koreksi Warna di Android 1

Mata kita memiliki retina yang terdiri dari sel-sel peka cahaya. Sel-sel ini bekerja untuk memahami berbagai panjang gelombang cahaya dan menguraikan berbagai warna yang terlihat. Ketika sel-sel ini dan komponen-komponennya gagal mengenali berbagai warna, maka, pada gilirannya, orang tersebut tidak dapat membedakan warna yang sama. Sampai sekarang, tidak ada obat permanen untuk buta warna.

Kami akan menjelaskan anomali visual yang fitur Koreksi Warna Android Google menawarkan solusi sementara saat menggunakan smartphone.

Jenis Kebutaan Warna yang Dapat Diatasi Koreksi Warna

Pertama, mari kita bicara tentang Ulangan . Dalam kekurangan ini, seseorang melihat warna hijau sebagai merah. Kemudian muncullah Protanomaly yang hanya merupakan sebaliknya dari Deuteranomaly. Seseorang dengan anomali ini akan melihat warna merah sebagai warna hijau.

Berikutnya adalah Tritanomaly . Dalam kondisi medis ini, seseorang tidak dapat membedakan antara Warna Biru dan Hijau. Selain itu, ia tidak dapat membedakan antara warna Kuning dan Merah.

Ketika Anda mencoba mengaktifkan Fitur Koreksi Warna Android, maka Anda akan melihat tiga opsi untuk ketiga anomali ini. Jadi, tergantung pada kekurangan Anda, Anda dapat memilih opsi.

Jadi, tata letak UI ponsel cerdas akan mengkompensasi skema warna sedemikian rupa sehingga orang yang kekurangan warna atau kombinasi warna tertentu tidak akan merasakannya.

Ada banyak kondisi medis terkait buta warna lainnya yang ada. Salah satunya adalah Monokromasi, di mana orang yang terpengaruh, tidak dapat melihat warna sama sekali. Sayangnya, fitur koreksi Warna Android tidak memiliki opsi untuk masalah ini atau kondisi lain dari Kebutaan Warna.

Cara Mengaktifkan Koreksi Warna di Android

Sekarang, mari kita masuk ke proses mengaktifkan fitur ini. Cukup mudah.

  • Buka Pengaturan > Sistem
  • Di bawah Sistem, Anda dapat menemukan Aksesibilitas . Ketuk untuk membuka

Cara Mengaktifkan Koreksi Warna di Android 2

  • Selanjutnya cari tab yang bertuliskan Koreksi Warna . Secara default, fitur ini dinonaktifkan.
  • Buka Koreksi Warna.
  • Ada opsi sakelar di sebelah Gunakan Koreksi Warna . Ketuk untuk mengaktifkan fitur.
  • Kemudian pada layar yang sama, Anda dapat melihat tab Mode Koreksi . Ketuk itu.

Cara Mengaktifkan Koreksi Warna di Android 3

  • Anda akan disajikan untuk memilih dari tiga mode yaitu Deuteranomaly , Protanomaly , dan Tritanomaly .
  • Bergantung pada kondisi medis optis apa yang Anda miliki, Anda dapat memilih salah satu opsi.
  • Kemudian kembali ke layar beranda. Anda dapat melihat sensitivitas warna dan keberadaan konten layar berbeda.

Catatan: Di beberapa perangkat, fitur Aksesibilitas hadir di bagian Pengaturan itu sendiri. Jika tidak, periksa di tab Sistem. Ini akan bervariasi dari satu smartphone ke smartphone lainnya.

Jadi, jika Anda memiliki kebutaan warna dalam bentuk apa pun atau Anda tahu beberapa tentang kondisinya, maka cobalah fitur Koreksi Warna Android. Seharusnya pengalaman smartphone Anda lebih lancar. Jika Anda menyukai panduan ini, maka periksa juga panduan kami yang lain.

Tinggalkan Balasan