Gerhana Bulan Penumbra 11 Januari 2020

  • Whatsapp
Gerhana Bulan Penumbra 11 Januari 2020

Gerhana Bulan Penumbra 11 Januari 2020 – Selama Bulan Serigala pada 10-11 Januari. Tergantung pada zona waktu, akan ada gerhana bulan penumbral di Asia, Australia, Eropa, dan Afrika.

Apa itu Gerhana Bulan Penumbra?

Gerhana bulan penumbra terjadi ketika Matahari, Bumi, dan Bulan disejajarkan secara tidak sempurna. Ketika ini terjadi, Bumi menghalangi sebagian cahaya Matahari untuk langsung mencapai permukaan Bulan. Menutupi seluruh atau sebagian Bulan dengan bagian luar bayangannya, yang juga dikenal sebagai penumbra.

Karena penumbra jauh lebih redup daripada inti gelap bayangan Bumi, umbra , gerhana penumbral Bulan seringkali sulit untuk membedakannya dari Bulan Purnama yang normal.

Mengapa Gerhana Bulan Penumbra Terjadi?

Bulan bersinar karena permukaannya memantulkan sinar matahari. Gerhana bulan terjadi ketika Bumi berada di antara Matahari dan Bulan dan menghalangi sebagian atau seluruh cahaya Matahari untuk mencapai Bulan.

Dua kondisi Gerhana Bulan Penumbra

Dua peristiwa selestial harus terjadi pada saat yang sama untuk terjadinya gerhana bulan penumbra:

  1. Bulan harus dalam fase Bulan Purnama.
  2. Matahari, Bumi, dan Bulan harus hampir sejajar, tetapi tidak sejajar selama gerhana parsial.

Tidak Setiap Malam Bulan Purnama

Alasan mengapa kita tidak melihat gerhana bulan setiap malam Bulan Purnama berkaitan dengan kecenderungan jalur orbit Bulan. Bidang orbit Bulan di sekitar Bumi cenderung pada sudut 5 ° ke bidang orbit Bumi di sekitar Matahari, ekliptika. Titik-titik di mana dua bidang orbit bertemu disebut simpul bulan. Gerhana bulan hanya dapat terjadi ketika Bulan Purnama terjadi di dekat sebuah simpul.

Cara Melihat Gerhana Bulan Penumbra

Tidak seperti gerhana matahari , yang hanya bisa dilihat di sepanjang jalan sempit dari sebagian kecil Bumi, gerhana bulan dapat diamati di seluruh sisi malam Bumi ketika gerhana terjadi.

Sekitar satu dari tiga gerhana bulan adalah penumbral. Tidak mungkin mengamati awal dan akhir gerhana bulan penumbral, bahkan dengan teleskop.

Gerhana Penumbral yang melibatkan bagian yang lebih gelap dari bayangan penumbral Bumi, bagaimanapun, biasanya terlihat dengan mata telanjang. Pengamat yang berhati-hati biasanya dapat melihat gerhana penumbral dengan besarnya penumbral lebih besar dari 0,60.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan