Cara Overclock Laptop
Cara Overclock Laptop

Cara Overclock Laptop

Diposting pada

Cara Overclock Laptop – Jika kamu seorang opreker laptop mungkin kata overclock tidak akan asing di telinga kamu. Biasanya overclok juga bisa menjadi solusi untuk meningkatkan performa pc.

Meningkatnya performa pc tentunya mempunyai banyak keuntungan bagi pengguna pc tersebut. Salah satunya yang paling familiar adalah dapat menjalankan game berukuran besar.

Nah, di artikel kali ini Fokus Tekno akan membahas overclock lagi, meliputi pengertian overclock, kelebihan serta kekurangan dan juga cara overclock laptop itu sendiri.

Oke langsung saja.

Apa itu Overclock?

Overclock adalah mengatur CPU dan Memori dalam hal ini laptop untuk bekerja pada kinerja yang lebih cepat lagi dari spesifikasi sebelumnya. Kita ketahui bersama bahwa semua prosesor memiliki tingkatan kecepatannya masing masing.

Seperti contoh, Intel Core i7 bekerja pada 2.80 GHz, kemudian dilakukanlah overclock pada laptop tersebut. Otomatis kecepatan prosesor akan bertambah lagi diatas 2.80 GHz.

Apakah Perlu Melakukan Overclock?

Overclocking prosesor mampu mempercepat laptop kamu. Itu adalah salah satu alasan yang cukup bagus. Tetapi ada beberapa alasan yang sama baiknya untuk tidak melakukannya. Namun, perlu diketahui bahwa overclock sendiri dapat mengakibatkan hardware menjadi cepat rusak.

3 Cara Overclock Laptop yang Aman

1. Overclock Laptop via BIOS

Cara Overclock Laptop 1

Cara paling umum untuk melakukan overlock pada laptop adalah melalui BIOS (Basic Input Output System). Dari BIOS pengguna mempunyai kendali penuh atas semua sistem di laptop.

Selain itu juga mengurangi resiko kesalahan atau kerusakan yang tidak diinginkan. Berikut langkah – langkahnya:

  • Langkah pertama, silahkan masuk ke BIOS. Nyalakan laptop > Kemudian tekan tombol F1, F2, F8, atau Del secara berulang ketika proses Booting. (Biasanya setiap merk laptop memiliki cara masuk BIOS yang berbeda – beda).
  • Jika sudah benar – benar masuk BIOS lalu cari menut Tab untuk pengaturan CPU.
  • Lalu, Aktifkan CPU Host Clock Control di halaman setting CPU.
  • Selanjutnya coba naikan Frequency CPU menjadi 5% lalu save.
  • Restart Laptop.
  • Ketika Laptop menyala coba gunakan dengan normal seperti bermain game atau yang lainnya.
  • Jika tidak ada perubahan coba naikan lagi Frequency CPU nya.

Sesudah ada perubahan yang signifikan cobalah untuk mengamati apakah suhu laptop cepat panas atau aplikasi atau game tiba – tiba macet atau blue screen.

Jika masalah itu terjadi kamu harus masuk ke BIOS kembali dan kurangi Frequency CPU menggunakan langkah – langkah diatas.

2. Overclock Laptop Intel

Cara Overclock Laptop 2

Cara Overclock Laptop yang kedua adalah dengan menggunakan software “Intel Extreme Tuning Utility“. Untuk caranya sendiri tidak jauh berbeda dengan cara yang pertama.

Karena biasanya pada settingan BIOS laptop tidak bisa melakukan perubahan settingan Voltase. Maka dari itu software Intel Extreme Tuning Utility ini membantu kamu untuk proses Overlock laptop intel.

3. Overclock Laptop AMD

Cara Overclock Laptop 3

AMD OverDrive adalah program Windows yang dengannya kamu dapat mengontrol pengaturan overclocking. Sebelum program seperti OverDrive, pengaturan overclock harus dikonfigurasikan sebelum sistem operasi mem-boot melalui menu BIOS komputer atau dengan menggunakan jumper yang dapat disesuaikan pada motherboard.

Pengaturan overclock yang buruk dapat menyebabkan ketidakstabilan sistem dan mencegah sistem operasi memuat terus menerus. Dengan program seperti OverDrive, tidak perlu melakukan boot ulang di antara setiap penyesuaian pengaturan – tetapi pengaturan yang buruk dapat menyebabkan sistem memaksa reboot.

AMD OverDrive dapat mengonfigurasi pengaturan overclock CPU, GPU dan RAM tetapi hanya akan berfungsi dengan CPU dan motherboard berbasis AMD yang didukung secara spesifik.

Demikian artikel kali ini mengenai Cara Overclock Laptop Intel, Amd dan via BIOS. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan