cara overclock android

Cara Overclock Android

Diposting pada

Cara Overclock Android – Smartphone android telah berkembang hingga saat ini dibanding sepuluh tahun yang lalu ketika smartphone Android pertama dirilis. Smartphone android sekarang sudah banyak ditenagai oleh SoC dengan CPU dan GPU yang kuat dan mampu berjalan pada kecepatan hingga 2.5GHz.

Sudah banyak pula smartphone android yang sudah dapat menjalankan hampir semua task atau aplikasi yang berat. Namun, masih ada beberapa smartphone lama dengan spesifikasi mengengah kebawah yang tidak dapat menjalankan task atau aplikasi berat secara efektif, atau memainkan game berukuran besar.

Overclock adalah sebuah istilah yang sudah ada sejak lama dan sejarah overclock ini juga hampir sama dengan overclock komputer / pc. Jadi menurut kalian apa sih yang dimaksud dengan Overclock Android? Oke pada artikel Fokus Tekno akan membehas apa itu overclock android dan bagaimana cara overclock android itu sendiri.

Oke langsung saja.

Apa itu Cara Overclock Android?

Overclock android adalah sebuah istilah metode untuk meningkatkan suatu frekuensi maksimal yang dapat dijalankan oleh prosesor android. Benefit dari overclock android yang utama tentunya adalah untuk meningkatkan kinerja android tersebut.

Jadi semisal sebuah CPU android kamu berjalan pada 1,5 GHz kamu bisa meningkatkannya menjadi 1,8 GHz. Selain itu juga kamu bisa melakukan overclock (jika kamu mau) untuk mengurangi kecepatan “clock” maksimum yang bertujuan untuk menghemat masa pakai baterai.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan overclock android yang utama tentunya adalah untuk meningkatkan kinerja android dan juga dapat menjalankan beberapa tugas tugas serta aplikasi berat bersamaan, namun itu juga tergantung spesifikasi hp tersebut.

Nah, untuk Kekurangan overclock android sendiri salah satunya adalah dapat merusak hardware atau perangkat keras. Selain itu pemakaian baterai akan lebih boros dari yang sebelumnya.

Persyaratan Overclock Android

Sebelum kamu melakukan overclock android ada beberapa persyaratan yang wajib android kamu sudah lakukan. Berikut ini persyaratannya.

  • Android harus sudah keadaan root.
  • Pastikan baterai terisi penuh atau setidaknya baterai terisi 80%.
  • Backup android (penting).

Cara Overclock Android

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk overclock salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi SetCPU. Aplikasi ini memang diperuntukan untuk overclock android, oke langsung saja.

  • Download dan instal aplikasi SetCPU secara gratis. (Jika kamu download di Google Play Store maka akan dikenakan biaya alias tidak gratus).
  • Setelah itu buka aplikasi SetCPU.
  • Setujui saja jika meminta hak akses root.
  • Setelah aplikasi terbuka lalu tap pada “Continue Recommended”.
cara overclock android dengan pc
  • Selanjutnya tentukan kecepatan clock maksimal dan minimal untuk proses android kamu. Perlu di ingat, jangan memilih set terlalu tinggi atau terlalu rendah karna akan menyebabkan android menjadi error.
  • Jangan lupa pula untuk ceklis pada kotak “Set on Boot”.
cara overclock android dengan setcpu
  • Setelah menentukan kecepatan clock maksimal dan minimal kamu dapat membuat profil yang diperuntukan untuk mengatur waktu dan kondisi ketika melakukan overclock atau underclock prosesor android.
cara overclock android jelly bean
  • Contohnya ketika android kamu sedang di cas, kamu dapat melakukan overclock android untuk meningkatkan kinerja. Kamu perku memberi nama dan menetapkan untuk apa overclock tersebut dilakukan disetiap profil yang kamu buat.
cara overclock android mediatek

Jadi itulah cara overclock yang aman dan tentunya bekerja dengan baik untuk meningkatkan kinerja android.

Bukan hanya SetCPU saja aplikasi yang untuk overclock android, namun ada beberapa aplikasi overclock android lainnya yang tersedia gratis di Google Play Store.

Oke, demikianlah artikel kali ini mengenai Cara Overclock Android yang aman. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan